Langsung ke konten utama

Postingan Terbaru

Berkunjung ke Desa Adat Baduy Dalam

Desa adat selalu jadi tempat yang menarik untuk dikunjungi, pun dengan suku Baduy. Akhir Desember 2018, aku pun nekat untuk datang ke sana. Awalnya aku ikut jasa open trip karena jika dilihat dari harga yang mereka tawarkan, rasa-rasanya lebih murah dibanding datang sendiri. Aku bahkan sudah membayar DP untuk dua orang. Sayangnya satu minggu sebelum hari H, travel dibatalkan karena hujan lebat cuaca buruk katanya. Uang kami pun di- refund . Aku dan temanku tetap nekat untuk datang ke Baduy. Hari itu perjalanan aku mulai dari stasiun Pasar Minggu dan bertemu dengan temanku di stasiun Palmerah. Kami berangkat bersama menuju stasiun Rangkas Bitung. Ongkos dengan KRL dari stasiun Pasar Minggu hanya Rp10.000,00. Sampai di stasiun Rangkas Bitung, kami bergerak mencari angkot nomor 07 tujuan terminal Aweh. Di stasiun ini sebenarnya ada banyak jasa travel menawarkan diri langsung menuju desa Ciboleger. Untuk yang datang dengan banyak orang, mungkin ini bisa jadi pilihan simpel namun untuk aku

Menuju PM XII : (2) Seleksi PM XII Tahap I



Part 2: Seleksi PM XII Tahap I

Seperti yang sudah aku ceritakan di awal, aku tahu pembukaan PM XII ini H-3 penutupan. Padahal sebenarnya open recruitment Pengajar Muda (PM) Indonesia Mengajar (IM) berlangsung selama 1 bulan, sehingga ada banyak waktu untuk menyiapkan essay yang bagus. Jadi buat teman-teman yang berniat mendaftar PM ada baiknya berlangganan email IM agar update info.

Tahap 1 seleksi PM bisa dikatakan merupakan tahap seleksi administrasi. Tahapan ini dilakukan secara online di website IM (indonesiamengajar.org). Sebenarnya aku sedikit lupa tentang apa saja form online yang harus diisi karena kondisi ku mendaftar bukan kondisi PW untuk mengingat. Tetapi aku akan mencoba membuka kembali lembaran isian form online itu di otakku. Kalau aku tidak salah ingat ada banyak hal yang harus diisi dan dibagi menjadi 4 Part meskipun aku lupa pembagian tiap part-nya. Secara umum, pendaftar harus mengisi identitas dasar sesuai KTP, upload foto (tidak tahu kenapa aku tidak pernah bisa pas ketika upload foto, sampai 5 kali upload, fotoku selalu terpotong di bagian leher ke atas karena lelah akhirnya aku biarkan saja, hehe), beberapa pertanyaan tentang kesanggupan, latar belakang pendidikan terakhir, pelatihan yang pernah diikuti, beasiswa dan prestasi yang pernah diraih, pengalaman organisasi dan kepanitiaan mulai dari kedudukan hingga kontribusi yang pernah diberikan (kontribusi ini ditulis dalam maks 100 kata), contact person tiga orang yang bisa dimintai referensi tentang diri, dan essay. Ada  beberapa essay yang harus diisi, masing-masing essay ditulis dalam maks 250 kata. Berikut ini merupakan beberapa point essay yang aku ingat, dalam essay ini pendaftar hanya perlu bercerita tentang diri sendiri dalam hal:

1.       Motivasi mendaftar sebagai Pengajar Muda
2.       Pengalaman ketika berada di tempat yang bertentangan dengan ideologi kita
3.       Pengalaman ketika berada di lingkungan yang tidak menguntungkan
4.       Pengalaman ketika melakukan perubahan di organisasi/lingkungan
5.       Pengalaman ketika berada dalam situasi yang mengharuskan adanya penyelesaian masalah
6.       Pengalaman merasakan kekecewaan terbesar dan cara mengatasinya
7.       Pengalaman ketika harus meyakinkan atasan tentang pendapat kita yang berbeda dengan beliau
8.       Hal lain seputar diri yang perlu diketahui panitia
9.       ???

Pada awal aku membaca pertanyaan-pertanyaan essay ini aku langsung berpikir keras dan sempat bingung karena tidak ada hal-hal hebat yang aku lakukan untuk menunjang penulisan essay yang bagus. Apalagi aku baca di beberapa blog yang menyediakan contoh essay IM ini, pengalaman-pengalaman yang ditawarkan sangat luar biasa. Sedangkan aku bukan siapa-siapa, hanya rakyat jelata yang tidak pernah menjadi ketua dalam organisasi manapun. Mau bagaimana lagi, aku adalah aku, bukan orang hebat dengan segudang pengalaman. Aku hanya orang yang ingin berkontribusi. Akhirnya kebanyakan essay aku ambil dari pengalamanku selama KKN. Ingin sebenarnya aku mencantumkan essayku di tulisan ini tapi sayang, aku tidak mem-back up esay-essay itu, aku hanya langsung mengetikkannya di form online yang aku buka melalui handphone. Berikut ini secuil inti-inti yang aku tuliskan dalam essay yang aku gunakan untuk apply IM.

§  Motivasi mendaftar sebagai Pengajar Muda. Aku tulis mengenai pengalamanku mengajar anak SD ketika KKN dan relawan FMN, kurangnya fasilitas di sana padahal lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Selain itu, aku juga bercerita tentang pengalamanku ketika mendaftar perguruan tinggi, sulitnya akses internet di desaku padahal seluruh sistem pendaftaran kini melalui internet.

§  Pengalaman ketika berada di tempat yang bertentangan dengan ideologi kita. Aku tulis mengenai pengalamanku saat menjadi Pendamping Petani zaman mahasiswa dulu. Saat itu budaya uang ‘terima kasih’ masih mengakar kuat di sana dan secara pribadi bagiku itu sejenis dengan korupsi.

§  Pengalaman ketika berada di lingkungan yang tidak menguntungkan. Aku menceritakan tentang sayuran yang sama yang harus aku makan setiap hari saat KKN. Rasanya membosankan makan makanan yang sama setiap hari, tapi rasa bosan itu harus dilawan sebagai bentuk adaptasi. 

§  Pengalaman ketika melakukan perubahan di organisasi/lingkungan. Aku tulis tentang ajaran orang tuaku untuk tidak membuang sampah sembarangan yang akhirnya menjadi kebiasaan ku saat berada di luar rumah. Kebiasaan ini sedikit demi sedikit ikut berpengaruh pada orang-orang di sekitarku.

§  Pengalaman ketika berada dalam situasi yang mengharuskan adanya penyelesaian masalah. Aku menceritakan tentang konflik masa KKN hanya karena silang pendapat perlunya acara dengan snack atau tidak.

§  Pengalaman merasakan kekecewaan terbesar dan cara mengatasinya. Aku menceritakan tentang awal aku diterima di perguruan tinggi di jurusan yang tidak familiar sama sekali. Hingga akhirnya aku harus berdamai dengan diri sendiri dan melangkah maju mencintai jurusan ini.

§  Pengalaman ketika harus meyakinkan atasan tentang pendapat kita yang berbeda dengan beliau. Tidak aku isi karena waktunya tidak sempat.

§  Hal lain seputar diri yang perlu diketahui panitia. Tidak aku isi karena waktunya tidak sempat.
§  ???

Ada beberapa essay yang tidak aku isi karena waktu penutupan sudah sangat mepet. Hari itu, hari terakhir pendaftaran pukul 23.55 WIB masih ada 3-4 essay yang belum aku tulis. Walau awalnya sempat ragu, aku pun menekan tombol submit tanpa mengisinya. Walupun aku submit, aku tidak berharap banyak tentang IM ini, bahkan kesibukan ku dengan aktivitas sehari-hari membuat aku lupa kalau ikut mendaftar. Hari demi hari pun terlewati dengan cepatnya.



Sebulan kemudian, temanku heboh karena dapat email pemberitahuan lulus dari IM. Ikut bahagia sekali rasanya. Awalnya aku tidak tertarik untuk mengecek emailku karena sudah yakin tidak akan lulus, tetapi melihat kegirangan mereka aku jadi iseng ingin ikut mengecek.



[Pengumuman] Selamat Menjalani Seleksi Tahap 2 - Direct Assessment Pengajar Muda XII
Ke ....
12/31/15 jam 4:02 PM

..... yang baik,
Salam hangat dari Gerakan Indonesia Mengajar.
Selamat karena Andatelahlolos proses seleksitahappertama. Selanjutnya, kami mengundangAndauntukmengikutiseleksitahapkedua, yaitu Direct Assessment. Kegiatan Direct Assessment akandilakukansatuharipenuhmulai pukul 07.30 hingga 17.00,sesuaidenganjadwaldansusunankegiatan yang sudah kami tentukanuntukAnda. Kami sangatmengharapkankedatanganAndadalamtahap yang sangatpentingini, untukmengetahuilebihjauhtentangkeinginandanaspirasiAndasebagaiPengajarMuda.
Seleksi tahap kedua ini akan diadakan di beberapa kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, dan Medan (tentatif). Medan akan dijadikan kota seleksi apabila ada lebih dari 10 orang yang akan mengikuti seleksi di sana. Hanya di 5 kota ini seleksi tahap kedua akan dilaksanakan sehingga apabila Anda berdomisili di kota lain, silakan menyesuaikan jadwal Anda. Direct Assessment akan dilakukan dalam rentang waktu 18 Februari sampai 5 Februari 2016.
·         Sebelum Direct Assessment berlangsung, akan ada seleksi yang dilakukan secara online, yaitu psikotes dan studi kasus. Harap terus memantau email Anda secara berkala sampai Direct Assessment tiba.
·         Jadwal akan kami kirim hari Senin, 4 Januari 2016. Silakan konfirmasi di link yang kami berikan dan isi kuesioner yang telah tersedia. Kami sangat mengharapkan Anda tidak merubah jadwal Direct Assessment, kecuali dengan alasan yang sangat mendesak.
·         Seleksi online (Psikotes dan Studi Kasus) akan kami kirimkan pada minggu yang sama.
·         Detail Direct Assessment (tempat, topik simulasi mengajar, apa saja yang harus dipersiapkan) akan kami kirim pada minggu kedua Januari.
Kami juga cantumkan timeline seleksi keseluruhan Pengajar Muda XII agar Anda bisa memperkirakan rencana kedepan.
1.       SeleksiTahap Tiga (Medical Check Up) :Februari – Maret 2016
2.       Tanda Tangan Penugasan :Maret 2016
3.       Pelatihan Intensif : 20 April 2016
Salam,
Tim Rekrutmen&Seleksi



Isi email itu rasanya keajaiban yang luar biasa untukku. Entah apa kriteria lolos dari panitia, tapi aku sangat bersyukur menjadi salah satu yang berhasil lolos ke tahap selanjutnya dari 14.825 peserta yang katanya mendaftar PM XII.

Berdasarkan pengalamanku ini ada sedikit tips yang mungkin bisa membantu teman-teman yang ingin mendaftar PM:
1.    Mendaftarlah dari jauh-jauh hari dan pastikan sinyal internet ok.
2.    Isi form online selengkap mungkin (hindari ada bagian yang kosong), seperti pelatihan, pengalaman organisasi, kepanitiaan, essay, dsb; jika maksimal 3, maka isilah 3. Kalau tidak sampai 3, maksimalkan dalam penulisan kontribusi dan essay.
3.    Jika merasa tidak ada hal-hal istimewa yang pernah dilakukan, ingatlah hal-hal sederhana. Sederhana bukan berarti tidak berharga.
4.    Jujur dalam menulis dan back up semua yang dituliskan dalam form, terutama kontribusi dan essay karena ini akan ditanyakan lagi saat seleksi tahap II.
5.    Minta izin pada referensi sebelum mencantumkan contact person mereka karena ada beberapa teman yang benar-benar dihubungi referensinya oleh panitia IM.
6.    Berdoa pada Tuhan agar diberikan hasil yang terbaik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS VEGETASI

ANALISIS VEGETASI (Laporan Praktikum Ilmu dan Teknik Pengendalian Gulma) Oleh Kelompok 7 Desna Herawati Diki Apriadi Dwi Safitri Habiba Nurul Istiqomah Heru Dwi Purnomo JURUSAN AGROTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG 2013

Laporan Kemiringan Lereng

I.                    PENDAHULUAN 1.1               Latar Belakang Topografi merupakan bentuk permukan bumi dipandang dari kemiringan lereng dan beda tinggi dari permukaan laut.   Permukaan tanah dengan beda tinggi dan kemiringan yang sangat besar, maka disebut topografinya bergunung, sedangkan untuk beda tinggi dan kemiringan yang lebih rendah secara berurutan disebut berbukit, bergelombang, dan berombak.   Ilmu yang membahas tentang topgrafi ini disebut geomorfologi.   Dua unsur topografi yang banyak dibahas dan besar pengaruhnya terhadap erosi adalah panjang lereng ( length ,) dan kemiringan lereng ( slope ). Bentuk lereng tergantung pada proses erosi, gerakan tanah, dan pelapukan.   Sedangkan, kemiringan lereng terjadi akibat perubahan permukaan bumi di berbagai tempat yang disebabakan oleh daya-daya eksogen dan gaya-gaya endogen.   Hal inilah yang mengakibatkan perbedaan letak ketinggian titik-titik diatas permukaan bumi. Kemiringan lereng terjadi akibat

PENGAMBILAN CONTOH TANAH UTUH UNTUK PENETAPAN KERAPATAN ISI DAN RUANG PORI TOTAL (POROSITAS) TANAH

PENGAMBILAN CONTOH TANAH UTUH UNTUK PENETAPAN KERAPATAN ISI DAN RUANG PORI TOTAL (POROSITAS) TANAH (Laporan Dasar-Dasar Ilmu Tanah) JURUSAN AGROTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG 2013